09 October 2011

Enceng Bin Munawwar

6 Cara Menghadapi Pelanggan di Facebook

Sama seperti halnya ponsel Anda, Facebook page anda terbuka untuk bisnis 24 / 7 dan Anda dapat mengharapkan beberapa pertanyaan layanan pelanggan atau bahkan keluhan muncul di Wall Anda setiap saat. Tentu, Anda dapat menghapusnya, tapi ini tidak akan menyelesaikan masalah yang anda hadapi.

Dengan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda bersedia untuk merespons dengan cepat dan fair, Anda dapat membangun kepercayaan dan mengembangkan bisnis Anda. Facebook membuat layanan pelanggan lebih mudah karena pertanyaan dari pelanggan terjawab hanya dengan membaca halaman Anda.

Ikuti beberapa tips ini untuk secara efektif menangani masalah layanan pelanggan di Facebook:

1. Jawablah dengan cepat. Facebook bisa mengirimkan email kepada anda jika seseorang menulis di wall anda. Akui pertanyaan di Facebook, bahkan jika Anda tidak dapat menjawabnya segera, sehingga pengguna dapat melihat bahwa Anda sudah memperhatikan kasus ini.

2. Ambil solusi offline. Daripada membiarkan pertanyaan atau keluhan tersebar di ranah umum,berikan nomor telepon dan nama kepada pelanggan serta meminta mereka untuk menghubungi kembali untuk penjelasan yang lebih lengkap. Anda akan menemukan bahwa pelanggan yang puas dapat kembali ke halaman Facebook Anda dan menulis kata-kata terima kasih sehingga dapat dilihat secara umum.

3. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan. Menyimpan daftar dari pertanyaan dan jawaban tertulis yang telah disiapkan untuk pertanyaan itu, termasuk link ke halaman yang relevan di website perusahaan Anda. Tambahkan halaman lain (tab) ke situs Facebook Anda untuk menampilkan daftar FAQ.

4. Meminta pelanggan untuk menjawab pelanggan lain. "Adakah diantara anda yang pernah menemui masalah serupa?" Jika Anda menjumpai pelanggan Anda saling membantu, Anda benar-benar mengambil keuntungan penuh dari media sosial.

5. Jadilah proaktif. Ingat, pengunjung ke Wall Anda akan melihat pertanyaan-pertanyaan layanan pelanggan dicampur dengan komentar lain. Think out of the box untuk masalah layanan pelanggan dengan memantau reputasi anda secara online melalui pencarian Google atau alat "manajemen reputasi" dan mengatasi masalah pada halaman Facebook Anda sebelum pelanggan Anda yang melakukannnya.

6. Dengarkan baik-baik. Menanggapi masalah sesegera mungkin menjadi prioritas utama dalam bisnis, namun pertanyaan dan komentar di Facebook juga memberikan petunjuk penting tentang bagaimana untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda.

image courtesy lepriveconcierge on flickr.com

Subscribe to this Blog via Email :

close