09 October 2011

Enceng Bin Munawwar

Tanya jawab Facebook Subscribe

Salah satu fitur terbaru yang mungkin sudah pernah anda lihat di Facebook adalah tombol Subscribe (Berlangganan). Bahkan, kemungkinan besar anda sudah diminta oleh Facebook untuk mengaktifkan tombol berlangganan (subscribe) tersebut yang dapat dilihat di bagian atas News Feed.

Ketika anda mengaktifkan fitur berlangganan (subscribe), setiap orang dapat berlangganan ke posting yang telah anda buat agar dapat dilihat oleh public. Ini seperti halnya mengikuti(following) orang lain di Twitter atau menambahkan seseorang dalam lingkaran anda di Googe+.

 Untuk membantu anda memahami apakah mengaktifkan fitur berlangganan(subscribe) adalah langkah yang tepat bagi anda dan bisnis anda, simak beberapa Pertanyaan(Q) dan Jawaban(A) di bawah ini:

Q: Dari sudut pandang(perspektif) bisnis, adakah keuntungan dengan mengijinkan fitur berlangganan di profil pribadi anda?
A: Ya
Jika anda adalah seseorang yang secara teratur mempublikasi content yang bagus di profil pribadi anda, sekarang anda dapat berbagi konten tersebut dengan siapa saja yang tertarik. Karena tidak semua orang menggunakan Twitter dan Google+, ini adalah cara terbaik untuk mengijinkan orang lain terhubung dengan anda pada tingkat yang lebih pribadi daripada sekedar menekan tombol “Like” di Facebook Page anda.

Q: Apakah hal ini akan menghilangkan kebutuhan akan Facebook Page?
A: Tidak.
Jika saat ini anda masih belum memiliki Facebook Page untuk bisnis anda, anda seharusnya membuatnya sekarang juga. Mengaktifkan fitur berlangganan(subscribe) saja di profil pribadi anda memberikan kesempatan kepada anda untuk berbagi content dengan public, tetapi anda akan kehilangan beberapa fitur terbaik yang disediakan oleh Facebook Page.
Fitur tesebut antara lain multiple admin, wawasan(insight), custom tab dan kemampuan untuk menciptakan Facebook Ads. Sekarang anda dapat melihat perbedaan antara Facebook Page dan Profil pribadi yang hanya mengandalkan fitur berlangganan(subscribe).

Q: Apakah terdapat kelemahan dengan mengaktifkan fitur berlangganan?
A: Tentu saja ada!
Ada satu hal lagi yang harus diingat untuk anda lakukan (anda sudah mengirim tweet, mengupdate Facebook Page dan Google+), anda harus ingat untuk memilih Public agar semua pelanggan dapat melihat posting di wall anda. Lebih penting lagi, anda harus ingat untuk tidak membuat postingan yang sifatnya pribadi untuk umum (publik).

Masih ada banyak aturan yang sangat kompleks di Facebook tentang bagaimana anda mengatur privasi untuk akun anda. Anda hanya ingin berhati-hati bahwa anda memahami bagaimana profil anda dilihat oleh para pelanggan.

Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih detail tentang facebook Subscribe dengan mengunjungi halaman resminya disini.

Seiring pertumbuhan facebook, menjadi sulit dan lebih sulit lagi untuk memahami bagaimana anda dan bisnis anda dapat menyesuaikan diri didalamnya. Tak peduli apapun perubahan yang di buat oleh Facebook, sangat jelas sekali anda harus ada didalamnya karena target pasar anda disana.

image courtesy ideasproutsmarketing.com

Subscribe to this Blog via Email :

close