11 October 2011

Enceng Bin Munawwar

Facebook SEO

Facebook SEO atau NFO adalah praktek untuk mengoptimalkan update terbaru anda agar muncul di top news feed wall. NFO adalah singkatan dari “News Feed Optimization”. Selain itu yng tidak disadari oleh kebanyakan orang adalah bahwa Feed anda terbagi menjadi 2 kategori:

Most Recent: Most Recent adalah segala hal yang berkaitan dengan status update terbaru yang datang dari fan pages atau teman-teman anda.

Top News: Adalah segala hal yang telah diputuskan oleh Facebook dan dianggap penting untuk anda, hal ini berdasarkan seberapa sering anda berinteraksi dengan halaman(page), hubungan anda dengan mereka dll.


Catatan: Hanya 15% dari pengguna Facebook mengubah setting news feed mereka menjadi most recent news.

Jadi, bagaimana berurusan dengan Facebook SEO/NFO?
Seperti yang telah anda ketahui, Google menggunakan Pagerank, sedangkan Facebook menyebutnya EdgeRank. Setiap bagian dari konten di facebook, apakah itu membuat personal profil atau membuat fan page, semuanya harus lolos dari filter yaitu EdgeRank.

Selain itu, tidak ada seorang pun yang mengetahui persis bagaimana Facebook SEO/NFO bekerja atau skor EdgeRank, yang pada dasarnya menggunakan alogaritma. Alogritma yang tepat dirahasiakan dan saya kira semua ahli diseluruh dunia tidak mengetahui secara persis alogaritma tersebut, hanya Mark Zuckerberg yang mengetahuinya.

Sekarang target goal kita adalah optimasi feed berita (NFO) atau saya menyebutnya Facebook SEO agar setiap update status yang kita lakukan menempti urutan paling atas feed berita.

Ada 3 komponen utama dari Facebook EdgeRank:
1. Affinity Score. Komponen pertama dari NFO adalah skor Affinity. Pikirkan itu sebagai hubungan yang anda miliki dengan penggemar anda, tidak hanya dengan fan page tetapi bagian tertentu dari konten anda.
2. Weight In Addition. Ada berbagai jenis konten, apakah itu foto narsis anda, video atau tautan(link) dll yang harus diperhitungkan. Kita akan membahasnya nanti.
3. Time Decay (Kekinian). Lalu ada yang kami sebut dengan “time decay” atau juga disebut dengan kekinian. Pada dasarnya, sudah berapa lama konten tersebut di posting atau berapa lama update status berada di wall anda, mereka menyebutnya tepi(edge).

Terakhir, apa yang sebenarnya penting untuk dipahami adalah setiap orang dari fans anda mempunyai skor EdgeRank yang berbeda dengan setiap bagian dari konten anda. Anda sering melihat laporan dan system yang berbeda di luar sana, dimana anda bisa mendapatkan skor dan anda mengetahui bagaimna membuktikan skor Edgerank anda. Tetapi tidak seperti anda mendapatkan skor dengan memperbaikinya dengan seluruh fan. Setiap fans memilki skor yng berbeda dan itu tergantung dari seberapa sering anda mengajak mereka untuk berinteraksi, inilah permainan dari facebook SEO/NFO.

Strategi untuk meningkatkan efektivitas Facebook SEO/NFO.
Sekarang mari kita bicarakan beberapa strategi untuk membuat wall post yang efektif. Apa sebenarnya yang membuat fans anda terlibat lebih jauh dengan konten tersebut.
Dimana konten anda terlihat?
1. Wall Fan Page anda
2. News Feed Fans nda
3. Sosial Plugin (seperti ike Box)
4. Pugin lainnnya (seperti Wibiya Toolbar)

Jenis Konten. Ada berbagai jenis EdgeRank:
1. Gambar/Foto. Cenderung memiliki skor EdgeRank yang lebih besar.
2. Video
3. Tautan (link)
4. Update Status
5. Pertanyaan
6. Aplikasi. Update menggunakan aplikasi mempunyai skor EdgeRank yang lebih sedikit.

Sekarang anda mengetahui dimana konten anda di posting dan jenis konten tersebut, mari kita melihat lebih dalam bagaimana meningkatkan efektifitas Facebook SEO/NFO dari update status kita.
1. Panjang Postingan/tulisan. Semakin panjang tulisan anda, semakin rendah keterlibatan fans anda. Semakin anda bermuluk-muluk, semakin sedikit fans anda meluangkan waktu untuk membaca konten anda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Buddy Media menunjukkan bahwa posting dibawah 80 karakter atau kurang meningkatkan ketertarikan fans. Keterlibatan mereka 27% lebih tinggi.

2. Menggunakan URL Panjang. Saya kira hal ini sangat menarik. Yang satu ini membuat saya terkejut, tapi sekali lagi, anda langsung dapat melihat ada logika yang bermain dibelakngnya. Sangat disarankan untuk menggunakan URL yang panjang. Anda bisa menghindari untuk menggunakan penyingkat URL. Terlebih lagi, studi dari Buddy Media menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan tiga kali lebih tinggi untuk posting yang menggunakan URL panjang.

Alasan dari hal tersebut adalah faktor kepercayaan. Orang ingin tau, mereka sangat waspada terhadap semua link. Sering anda jumpai spam massa yang terjadi saat ini seperti "lihat siapa yang memeriksa profil Anda". Ini gila, sangat banyak jumlah link spam yang terjadi di sekitar. Jadi orang sedikit waspada mengklik pada link.

Tetapi ketika Anda menempatkan URL lengkap-panjang dan mereka dapat segera melihat di mana mereka mengklik, ada faktor kepercayaan di sana. Jadi bereksperimen dengan itu. Lihat jika Anda bisa mendapatkan tingkat keterlibatan lebih baik dengan menggunakan URL yang lebih panjang.

3. Memposting di saat High-traffic. Apa yang harus Anda tahu bahwa Anda tidak selalu ingin meniru strategi yang tepat atau praktek terbaik dari bisnis lain atau merek karena mungkin benar-benar berbeda untuk audiens Anda. Jadi Anda benar-benar di tuntut untuk melakukan eksperimen.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Buddy Media pada perusahaan yang berbeda dalam berbagai industry, pada dasarnya mereka menemukan posting yang dilakukan antara jam 10.00 a.m dan 4:00 pm Eastern standard, yaitu jam 7:am samapi jam 1:00 waktu pasifik adalah sweet spot. Rata-rata keterlibatan pada hari kamis dan jumat adalah 18% lebih tinggi daripada hari-hari lainnya daam satu minggu. Seperti yang saya katakan di atas, lakukan percobaan untuk mengetahui high traffic.

Selanjutnya, inilah fakta yang sangat menarik pada saat Anda memposting di luar jam kerja, merek atau bisnis yang di posting diluar jam kerja mempunyai keterlibatan 20% lebih tinggi.

5. Manual vs Apps Pihak Ketiga? ada banyak spekulasi yang berbeda dan percakapan tentang ini sekarang pada khususnya. Apakah Anda ingat faktor weight/bobot? komponen utama kedua di EdgeRank tersebut. Facebook benar-benar memberi bobot kurang untuk aplikasi pihak ketiga. Setiap konten yang datang melalui aplikasi pihak ketiga akan mendapatkan bobot sedikit kurang dibandingkan jika Anda posting secara manual. Sebagai contoh, melalui NetworkedBlogs, HootSuite atau apa pun yang tidak secara harfiah tulisan di dinding Facebook. Jadi rekomendasi saya, gunakan cara manual untuk mengupdate postingan anda.

Paling Suka Dalam 1 Jam 20 Menit
Ini adalah studi yang menarik oleh Visibli. Konten di Facebook, (dalam satu jam dan 20 menit akan mendapatkan setengah like), (Dalam waktu dua jam dan 15 menit, 60%), (Dalam waktu empat jam, 70%.), (Dalam waktu tujuh jam, 80%) Dan akhirnya (Dalam 22 jam, posting Anda telah mendapat 95% Like). Bukankan sangat bermanfaat mengetahui hal ini.

Tipping point
Semakin banyak fans anda, semakin besar mereka akan terlibat di wall post anda, maka mereka akan memberitahu saya, "Kau tahu, Faissal, aku melakukan segala sesuatu yang Anda ceritakan. Aku posting secara teratur dan aku terlibat memberikan Like dan komentar, dan aku melakukan aktivitas sebanyak yang saya bisa, tapi tidak banyak yang terjadi "Dan saya akan berkata,". Nah, berapa banyak penggemar yang Anda miliki? " dan mereka akan mengatakan 50 atau 120.

Itu bagus. Kita semua harus mulai dari satu titik. Tidak apa-apa. Anda akan menemukan bahwa skala ini akan jadi tipping point ketika anda mempunyai sekitar 500 hingga 1.000 fans. Jadi pekerjaan Anda awalnya adalah untuk benar-benar mendapatkan momentum dan Anda mempromosikan halaman fan Facebook di mana-mana, saya tidak akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk mempromosikan halaman Anda tetapi jika ingin, Anda bisa mendapatkan salinan pemasaran Facebook rahasia panduan, Ini Gratis. Jadi anda harus bisa mencapai tipping point 500 sampai 1.000 fans. Kemudian Anda akan melihat bahwa Wall Post anda akan mendapatkan interaksi yang lebih, mereka akan mendapatkan visibilitas lebih, dan lebih banyak yang terlibat di wal post anda.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
samara17
AUTHOR
12 October 2011 at 12:15 delete

mantep totornya bro

Reply
avatar

close