28 December 2009

Enceng Bin Munawwar

3 langkah Muda Promosi dengan Sosial Media

Situs media social (social media) adalah media online di mana kita bisa berbagi info dan link di antara sesama komunitas atau jaringan yang kita masuki. Media sosial seperti Digg, StumbleUpon dan Mixx bahkan dinilai sangat efektif dalam menggenjot traffic atau arus kunjungan ke blog.

Memang benar, situs media sosial dapat menjadi sangat bagus dan menjadi sumber traffic yang dahsyat, hanya jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar. Jika tidak, boleh jadi situs Anda akan “ketendang” alias diblokir oleh pengelola layanan.
Kolega saya Ramkarthik punya tiga tips agar pemanfaatan situs-situs media sosial bisa efektif:

1. Jangan Hanya Mempromosikan Content Sendiri: Situs media sosial menampilkan content terbaik bagi para pembaca yang berminat dalam niche atau kategori tertentu. Sebaiknya Anda hindari mempromosikan posting-posting yang Anda tulis di blog Anda sendiri. Tapi gunakan rasio: untuk setiap 15 content orang lain yang Anda submit, Anda boleh menyetor 1 (satu) posting Anda sendiri. Tentu akan lebih baik, orang lain-lah yang memasukkan content Anda ke layanan-layanan tersebut.
2. Memberi dan Menerima: Media sosial adalah perkara memberi dan menerima. Anda tidak mungkin hanya menerima sepanjang waktu, menikmati kesuksesan tersebut tanpa memberi sesuatu kepada orang lain. Ketika ada teman di jaringan Anda yang mempromosikan content Anda di StumbleUpon atau Mixx, sebaiknya Anda juga membantunya mempromosikan postingnya di layanan tersebut. Ya, semacam arisan gitulah….
3. Aktif: Rahasia sukses di media sosial adalah senantiasa aktif dan berpartisipasi secara rutin. Anda dapat memperoleh ratusan penggemar di situs media sosial hanya jika Anda membangun hubungan dan dikenal banyak orang. Menjadi aktif tidaklah berat. Anda hanya perlu mengalokasikan sejumlah waktu setiap hari untuk nongkrongin media-media sosial ini. Mereka-lah yang akan mempromosikan posting Anda dan mengunjungi blog Anda secara reguler.




Subscribe to this Blog via Email :

close