16 November 2009

Enceng Bin Munawwar

Hujan Meteor Leonid


Hujan Meteor Leonid  dapat dilihat mulai tanggal 13-20 November 2009, tapi puncaknya akan terjadi besok pagi-pagi, 17 November 2009. Hujan meteor yang paling sering terjadi dan jam terbaik untuk melihat Leonid Meteor Shower adalah setelah jam 1:30 EST dan sebelum matahari terbit.

Tahun ini, tampilan mungkin lebih baik karena bulan tidak akan terlihat dari bumi (bumi akan menjadi lebih gelap) dan akan berada dalam fase bulan baru pada puncak, dan meteor akan lebih mudah terlihat. Menurut NASA, 20-30 meteor setiap jam akan terlihat pada waktu puncak (1:30 am EST sampai fajar). Asia seharusnyat dapat melihat aktivitas puncak  200-300 meteor per jam, NASA telah menyatakan hal ini, tapi astronom lainnya telah memprediksikan bahwa hal ini bisa mencapai 500 per jam saat puncak.

NASA mempunyai website yang akan membantu Anda memperkirakan waktu yang terbaik untuk melihat Leonid Meteor Shower di daerah Anda, dan ini disebut Fluxtimator, klik saja pada link dan masukkan kota tempat anda akan melihat hujan meteor tersebut. Catatan kecil, Indonesia belum masuk dalam daftar Fluximator tersebut, tapi anda bisa memasukkan posisi kota anda dengan panduan lokasi berupa koordinat latitude dan longitude disertai GMT+7 (Jakarta Time).


Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
16 November 2009 at 20:43 delete

jadi deg degan.....make a wish..kangan saat bintang jatuh aja kita bdoa...hehehe

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
17 November 2009 at 03:01 delete

jadi di indonesia kira2 bisa liat jam brp?

Reply
avatar

close