09 January 2010

Enceng Bin Munawwar

Akankah Google Wave Menggantikan Facebook?

Perkembangan dunia HTML yang telah sampai pada HTML 5 terus diikuti oleh beberapa developer kelas dunia, begitu juga dengan Google. Google yang terkenal dengan ide-ide cemerlang mereka, kembali memperkenalkan inovasi baru, yang mereka beri nama Google Wave. Dengan menggunakan HTML 5, mereka menyatukan beberapa feature-feature yang telah ada pada website mereka, seperti contohnya Google Mail dan Google Map.

Tentu Anda penasaran bukan dengan feature menarik apa saja yang ada pada website ini? Mari kita simak feature-feature yang telah ada pada Google Wave sampai saat ini:

Pada sisi kiri terlihat Navigation yang terdiri dari Inbox, Setting, Trash dan beberapa komponen lainnya. Di bawah tabel Navigation terlihat layar Contact yang berisi nama-nama contact pengguna.


Saat pengguna meng-click Inbox, pengguna akan melihat tampilan seperti Google Mail. Namun, Google menambahkan beberapa feature baru yang menarik. Setiap message pada inbox tersebut akan berubah menjadi suatu thread. Setiap pengguna lain yang bergabung pada thread tersebut akan ditampilkan fotonya dan mereka boleh melakukan reply pada thread tersebut. Mereka dapat meninggalkan pesan di bawah reply yang sudah ada atau bila pengguna itu ingin me-reply pada bagian tertentu pesan mereka, mereka dapat langsung membalas langsung dibawah pesan tertentu tersebut. Si pemilik thread juga dapat mengundang pengguna lain untuk ikut berdiskusi dengan pengguna yang sudah ada di thread tersebut.

Pengguna juga dapat melakukan chat secara live di thread tersebut. Pada thread tersebut, pengguna dapat melakukan sharing gambar, video, dan juga menampilkan suatu peta kemudian menunjukkan jalur tercepat untuk menuju ke suatu tempat. Pengguna lain dapat mendiskusikan gambar atau video yang ada di thread tersebut. Google juga tidak melupakan unsur hiburan pada Wave, pengguna dapat beramain game secara teman lainnya melalui website ini.

Ingin mencoba menggunakan Google wave? tuliskan alamat email anda di kotak komentar agar  anda bisa saya invite.



Subscribe to this Blog via Email :

3 komentar

Write komentar
laura
AUTHOR
10 January 2010 at 04:16 delete

For web conferences you should try http://www.showdocument.com ,
Great for online teaching and collaborating. I use it for working on my designs with other in my field.
Its free and pretty simple - you just upload your file and invite others to view it together.
- Laura W.

Reply
avatar

close