09 January 2010

Enceng Bin Munawwar

Memanfaatkan Social Media Untuk Keuntungan Bisnis Online Anda

Sejauh mana anda telah memanfaatkan social media untuk peningkatan traffic anda? Kalau belum segera action. Karena social media bisa membuat perkembangan situs web atau blog anda melonjak besar-besaran.

Ibarat jembatan, social media menghubungkan anda pada pengunjung yang jauh lebih besar. Karena di social media inilah para blogger dan webmaster biasa berkumpul. Mereka yang tidak punya blog maupun situs web, juga banyak yang aktif di social media. Maka saya katakan social media efektif untuk mencari teman dan menjalin hubungan. Kalau jaman dulu kita punya sahabat pena, ya sekarang ini jamannya punya teman di social media.

Oke, sebagai pebisnis internet bagaimana memaksimalkan social media untuk keuntungan kita?
Ingat, promosi paling baik adalah promosi yang konsisten. Promosi yang terus menerus, tidak pernah terputus, membuat anda sulit dilupakan orang. Tapi, anda mesti cermat. Sebelum melangkah, ada baiknya anda lakukan lebih dulu hal ini…

Pilih social media yang relevan dengan produk anda. Sebelum anda berpromosi ataupun masuk ke dalam sebuah komunitas social media, baiknya anda lihat dulu apakah social media yang anda pilih relevan dengan situs web anda? Cocok dengan pangsa pasar produk anda?

Tentukan apa yang anda ingin dapatkan dari social media ini. Apakah anda ingin traffic dan link yang berlimpah? Atau anda ingin mendapatkan calon pelanggan? Jika anda menginginkan traffic tinggi untuk situs web anda, anda bisa berteman sebanyak mungkin orang dan minta mereka mengunjungi situs web anda, dan tinggalkan link. Tapi, jika anda ingin mencari pelanggan, anda jalin dulu komunikasi dengan teman-teman anda. Raih kepercayaan mereka, baru tawarkan produk anda. Itulah kenapa anda perlu memilih social media yang cocok dengan produk anda. Agar pangsa pasar anda sudah jelas dari awal.
Sekarang apa yang harus anda perbuat dengan situs web anda? Anda juga harus mendorong pengunjung situs web anda agar masuk ke social media anda. Bagaimana caranya?

Tulis artikel mengenai social media yang anda ikuti. Perkenalkan pada pengunjung bahwa social media tempat anda bergabung memiliki tema tertentu yang menarik. Dan fokuskan, katakan pada mereka anda mendapat banyak keuntungan dengan bergabung di sana.
Tempatkan link social media ini di situs web anda. Agar pengunjung anda mudah masuk ke sana. Dan jangan lupa untuk menghubungkannya dengan artikel anda tadi.
Jadi bukan cuma social media saja yang harus mempromosikan situs web anda. Anda juga harus mempromosikan social media anda. Kenapa? Begini, anggap saja saya pengunjung anda. Saya lebih mudah mempromosikan sebuah situs social media kepada teman saya dibanding saya harus mempromosikan situs web anda. Karena mengajak orang untuk berkumpul dan berbincang-bincang kadang lebih mudah daripada mengajak orang untuk berbisnis.

Nah, agar saya tetap bisa mempromosikan situs web anda, lebih baik saya giring dulu teman saya ke social media dan biarkan ia menemukan anda di sana. Tidak ada ruginya kan bergabung di “kerumunan” orang. Dalam berbisnis kita memang harus antikerumunan, maksudnya selalu berbeda dari yang lain. Tapi, kita juga harus cinta kerumunan. Karena di sanalah sumber mengalirnya uang.

Tak heran kalau di dunia offline, banyak pedagang yang suka berdagang di pasar, karena di sana tempatnya pembeli. Dan, social media inilah salah satu tempat berkumpulnya pengguna internet.

Bagaimana? Anda sudah memanfaatkan social media untuk perkembangan bisnis internet anda?


Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
15 April 2010 at 01:15 delete

Mantap sekali mas blog anda, untuk kata kunci social media dgn saingan 400 jutaan(Google.co.id) blog ini ada di halaman pertama ..salut..salut. saya acungin jempol,

Reply
avatar

close