20 May 2011

Enceng Bin Munawwar

Kontroversi Google Social Search


Google akan meluncurkan fitur baru yang agak controversial, Social search, yang tersedia dalam 19 bahasa. Hal ini mereka umumkan di blog resmi mereka.

Diluncurkan di bulan oktober 2009, social search adalah fitur yang menggabungkan hasil pencarian biasa dengan data yang tersedia untuk umum hasil dari kegiatan social media dari teman-teman anda.

Daftar Teman –teman anda itu termasuk didalamnya mereka yang menjadi teman anda di Google Talk friend list, Google Contacts, orang-orang yang anda ikuti di Buzz dan Google Reader dan jaringan lainnya yang terhubung dengan anda melalui Profil Google atau akun Google. Google juga bisa menemukan teman anda di situs jejaring social lainnya seperti Facebook dan Twitter dan juga mengumpulkan data umum dari koneksi mereka.

 Fitur dari Google ini sudah menjadi subyek kontroversi, seperti Facebook yang menyewa sebuah perusahaan PR untuk menghembuskan isu negative tentang Social Search di pers. Facebook mengklaim bahwa apa yang dilakukan oleh Google merupakan pelanggaran privasi yang serius, dan facebook kelihatannya kurang senang dengan fakta bahwa Google bisa menggunakan data dari Facebook untuk layanan Google Search tanpa harus ada ijin dari Facebook.

Di sisi lain, Google masih diam dengan isu yang beredar saat ini, meskipun di posting blog resmi mereka tentang Social Media, Twitter disebutkan sebanyak tiga kali sementara Facebook adalah tempat yang akan terlihat.

Social Search seharusnya tersedia dalam 19 bahasa minggu depan, dan beberapa bahasa lainnya akan menyusul

Subscribe to this Blog via Email :

close