15 August 2011

Enceng Bin Munawwar

Cara Melindungi Merek Dagang dan Logo Anda di Twitter

Pemilik usaha kecil dan menengah mulai memanfaatkan Twitter sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, memberikan dukungan dan memasarkan produk dan layanan mereka.

image: mashable.com
Twitter memiliki “dedicated landing page” khusus untuk bisnis, termasuk tips dan trik memulai dengan layanan, berbagai peluang periklanan dan studi kasus.

Melindungi identitas dan reputasi sangat penting untuk usaha kecil, terutama online. Meskipun Twitter saat ini belum menawarkan kepada pengguna bisnis kecil cara untuk memverifikasi account mereka , masih ada hal-hal yang dapat lakukan oleh pemilik bisnis untuk memberikan visibilitas lebih baik bagi account mereka dan memperjelas bahwa akun yang mereka miliki di Twitter adalah resmi milik mereka.

Menghubungkan Akun dan Profil Anda
Twitter “username policy” tidak mengijinkan pengguna untuk memiiki username sama; pertama datang, pertama dilayani. Akibatnya, pemilik bisnis yang memiliki nama perusahaan yang asli mungkin akan mendapati bahwa username yang diinginkan sudah digunakan oleh orang lain.

Itu bukan akhir dari dunia, pada kenyataannya, dapat menjadi kesempatan untuk lebih membedakan merek Anda atau bisnis, terutama jika nama bisnis yang anda miliki lebih umum.

Selain itu, pengguna dapat menambahkan URL ke profil Twitter mereka menunjuk ke situs web bisnis mereka dan menambahkan link di situs bisnis mereka ke account Twitter resmi mereka. Memperhatikan "akun Twitter resmi untuk Nama Bisnis" dalam biografi Twitter Anda juga dapat membuat identitas account lebih jelas.

Demikian juga, jika Anda memiliki verified page di Facebook , Foursquare atau Google Places , Anda dapat menambahkan link ke account Twitter Anda pada layanan tersebut juga.

Melindungi Merek dan Logo Anda
Untuk pemilik usaha kecil yang memegang merek dagang(trademarks) atas nama bisnis, Twitter memiliki kebijakan yang disebut dengan “nuanced policy”.

Jika saya memiliki merek dagang untuk "Ayam Panggang Cak Karto" dan account Twitter untuk @ ayam_panggang_cak_karto atau @AyamPanggangCakKarto yang menyebabkan kebingungan yang disengaja atau tidak disengaja dengan bisnis saya, Twitter mungkin bisa membantu.

Jika ada account Twitter lain yang menggunakan merek dagang atau logo Anda yang berniat untuk membingungkan pengguna lainnya, pengguna dapat mengirimkan “help ticket” untuk meminta bantuan. Twitter akan melihat situasinya, dan jika menemukan bahwa pihak lain tersebut sedang mencoba untuk menyesatkan, mungkin twitter akan menangguhkan kepemilikan account pengguna itu (dan memberikan kepemilikan account kepada anda).

Jika akun tersebut membingungkan bagi pengguna, namun tidak dimaksudkan untuk menyesatkan, Twitter akan memberikan pemegang account kesempatan untuk menyelesaikan masalah dan mungkin akhirnya mau melepaskan username untuk pemegang merek dagang.

Ingat, jika seseorang menggunakan nama merek dagang yang anda miliki dengan cara yang tidak ada hubungannya dengan produk atau jasa Anda, Twitter tidak diwajibkan untuk campur tangan.

Customize Profil Anda
Usaha kecil dapat membuat afiliasi bisnis mereka bahkan lebih jelas dengan mengcustomize profil Twitter mereka untuk mencocokkan dengan merek mereka, logo dan skema warna.


Subscribe to this Blog via Email :

close