03 September 2011

Enceng Bin Munawwar

Social Media Merubah Anda Menjadi Penulis Handal

Percaya atau tidak, social media dapat membuat Anda menjadi seorang penulis yang lebih baik. Jika Anda kembali kebelakang dan melihat beberapa postingan anda, tweet dan blog dari ketika Anda mulai terjun ke dalam social media, anda mungkin akan memperhatikan beberapa hal penting yang telah berubah dalam tulisan Anda seperti:

1. Anda mengatakan kepada dunia "aku" mulai berkurang, karena Anda tahu sekarang bahwa terlibat dalam dunia social media adalah semua tentang pembaca Anda, bukan Anda.
2. Otak Anda bekerja dengan cepat, singkat dan Anda menuliskan hal-hal lebih lugas karena Twitter telah memaksa Anda untuk menuliskan pikiran anda maksimal ke dalam 140 karakter. (Atau Facebook ke 420)
3. Anda juga menghindari deskripsi yang berlebihan dan adverbia yang tidak perlu karena Anda ingin berbagi posting Anda dan Anda menyadari bahwa jika seseorang mengedit posting Anda lebih panjang dalam rangka untuk berbagi, itu tidak akan dibagi terlalu sering, atau lebih buruk - sama sekali.
4. Anda mungkin menjadi editor yang lebih baik sekarang - tahu persis bagaimana untuk mengedit posting seseorang yang terlalu panjang untuk dishare dalam hitungan nanodetik.
5. Anda telah belajar apa yang tepat untuk media social. bila Anda ingin mengatakan sesuatu yang lebih, anda bisa menggunakan posting blog atau buku Anda.
6. Anda berpikir bahwa memulai ngeblog dengan postingan kegiatan sehari-hari adalah sangat membosankan, tapi sekarang yang terjadi adalah Anda menulis setiap hari, Anda menyadari bahwa latihan itu sangat berharga - Anda menulis beberapa postingan dengan sangat baik.
7. Penderitaan karena mengalami mental blok dalam menulis semakin berkurang karena Anda rutin menulis dan membaca dan mendapatkan inspirasi setiap hari.
8. Berbagi konten Anda atau kutipan dari pekerjaan Anda dengan penulis lain melalui social media, membantu Anda dengan proses kreatif Anda.
9. Anda mendapatkan umpan balik di blog anda, posting Anda atau tweets dan mereka memuji anda.
10. Anda menemukan bahwa tweetchats dari # amwriting, # blogchat, # WIP, # NaNoWriMo (National Novel Writing Month) tidak hanya informatif, tetapi mereka membantu Anda untuk penghitungan kata dan memberikan dukungan ketika Anda membutuhkannya.

Saya sering mendengar dari penulis bahwa mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di social media. Bantulah diri Anda sendiri dan menetapkan aturan untuk diri sendiri.

• Menghabiskan tidak lebih dari 10-15 menit menanggapi komentar, RT dan umpan balik. (atur alarm jika Anda harus).
• Menghabiskan tidak lebih dari 30-45 menit setiap hari membaca berita dan menemukan inspirasi di web.
• Terakhir, luangkan waktu 10-15 menit setiap hari untuk jadwal posting Anda di media sosial untuk hari itu dan tinggalkan. Sisa waktu Anda harus digunakan untuk menulis.

Dijamin setelah minggu pertama Anda akan merasa seperti Anda memiliki kendali atasnya.

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan pada social media? Apakah Anda pikir itu membuat Anda menjadi seorang penulis yang lebih baik?

Subscribe to this Blog via Email :

close