24 January 2012

Enceng Bin Munawwar

7 Larangan Saat Kampanye Mobile Marketing

Ledakan pertumbuhan smartphone dan computer tablet telah merubah wajah dunia marketing saat ini. Meskipun mobile marketing masih dalam tahap percobaan beberapa tahun terakhir, sekarang merupakan channel utama bagi bisnis untuk mempromosikan produk mereka, mulai dari skala bisnis kecil sampai bisnis skala international. Keuntungan dari mobile marketing sangat jelas – tertarget, komunikasi tanpa batas dan langsung mencakup khalayak banyak.

Sementara itu sudah tidak diragukan lagi kalau mobile marketing adalah alat yang sangat kuat bagi tenaga pemasaran, saya sendiri meyakini bahwa mereka harus menghindari 7 hal yang tidak boleh mereka lakukan.

Multiple Bulk SMS
Saya pribadi sangat jengkel apabila menerima pesan yang sama tentang sebuah kampanye produk tertentu berulang-ulang. Tentunya anda pernah mengalami hal seperti yang saya alami. Sementara SMS massal adalah alat yang efektif, hal itu harus digunakan dengan bijaksana daripada harus membanjiri pengguna dengan pesan yang tidak diinginkan.

Pesan Panjang
Pengguna ponsel memiliki rentang perhatian yang pendek. Apakah itu berupa text atau mobile website, pengguna cell phone umumnya menyukai informasi yang sifatnya singkat, menggoda dan to the point. Hindari penggunaan pesan yang terlalu panjang.

Hormati Privacy Pengguna
Buatlah kebijakan kampanye mobile marketing anda yang jelas tertuju untuk audience yang telah ditetapkan dan pastikan anda tidak menggangu privacy mereka. Saya pribadi, tidak akan menerima panggilan yang tidak diinginkan tanpa konfirmasi terlebih dahulu melalui teks dan / atau email. Hindari menelepon / SMS pada jam-jam dimana pengguna tidak ingin terganggu privacynya.

Semuanya berkaitan dengan Klik.
Banyak pemasar mobile hanya peduli tentang tingkat klik dan tayangan(impressions). Sementara klik adalah penting, kampanye mobile marketing perlu memperhitungkan beberapa metrik kunci lainnya termasuk lokasi, jenis perangkat dll.

Satu ukuran cocok untuk semua
Sementara smartphone dan computer tablet digunakan oleh berbagai golongan umur, sangat tidak bijaksana apabila memasukkan mereka semua dalam satu target kampanye mobile marketing. Harus mempunyai strategi yang berbeda untuk tiap segment- anak-anak, remaja, orang dewasa dan bahkan yang sudah tua sekaipun sebagai bagian dari strategi kampanye mobile marketing anda.

Website tidak di optimasi untuk mobile user
Kecuali Anda berhati-hati untuk memastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan untuk akses mobile, pelanggan dan prospek akan memiliki waktu yang mengerikan menggunakannya. Sebuah website adalah identitas Anda di dunia online dan jika orang merasa sulit untuk mengaksesnya pada perangkat mobile mereka, itu pasti akan meninggalkan kesan buruk bagi kampanye mobile marketing Anda.

Jangan Terlalu Berlebihan
Saya telah menemukan sejumlah kampanye pemasaran mobile menjadi salah karena mereka berlebihan melakukannya. Bahkan, ponsel adalah sebuah media yang efektif dan beberapa pemasar tidak tahu ke mana harus membawanya Jika Anda berlebihan melakukannya, itu akan menghancurkan kampanye pemasaran ponsel Anda secara bersamaan.

Subscribe to this Blog via Email :

close