13 August 2015

zhoe blesinki

Ini Arti Nama Motor Mio Xeon Vixion dan Vega

Banyak orang bilang, apalah arti sebuah 'nama'? Tentu, banyak pendapat dalam menjawabnya. Ada yang menyatakan bahwa nama itu adalah sesuatu dan memliki kekuatan, dan ada juga yang menyatakan bahwa nama itu sungguh tidak berarti sama sekali.

Namun demikian, dalam marketing, nama sebuah produk atau merek tentu memiliki arti sendiri dalam mendukung pencapaiannya. Jika demikian, nama dalam sebuah produk dapat memancarkan kejayaan.




Dalam tulisan ini, redaksi akan mengulas arti-arti nama motor Yamaha di Indonesia. Tentunya tak banyak yang tahu tentang hal ini.

General Manager (GM) Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin, mengaku tahu betul arti nama-nama produk motor berlogo garpu tala itu.

Saat menjadi Assistant GM Service, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), dia sering terlibat tim product planning acap kali terlibat dalam penamaan motor-motor baru Yamaha. “Saat itu, saya ikut membuat nama-nama untuk beberapa model Yamaha,” katanya seperti dilansir JGmotor.

Setiap motor yang dimiliki oleh Yamaha, dikatakannya selalu memiliki sejarah unik, baik di balik namanya maupun dalam hal pencarian nama tersebut. Terkadang sebuah nama didapat dengan cara yang unik, mulai dari ketika memandang langit hingga melihat film kartun.

Sebagai contoh, nama ‘Xeon’ didapat ketika dia sedang menonton film kartun bersama anaknya. Terbersit di pikirannya saat itu, nama itu cocok untuk menjadi salah satu nama motor Yamaha. "Ketika itu, ada tokoh kartun yang pakai sinar laser sebagai senjata. Dia selalu teriak Xenon, saya pikir nama itu bagus juga. Biar lebih bagus gimana kalau huruf ‘n’ yang ada di tengah dihapus,” ungkapnya.

Sementara untuk pemberian nama ‘Mio’ menurut Abidin diambil dari bahasa Italia yang bila diartikan secara kasar berarti ‘cantik’. Sebab, awalnya Mio memang dikhususkan untuk pengendara wanita. Namun, seiring berjalannya waktu, Mio ternyata mulai digemari kalangan pria.

Sedangkan Yamaha Vega, Abidin mengaku mendapatkannya lagi saat menonton film yang bercerita tentang seorang wanita yang sanggup menemukan sebuah bintang baru yang kemudian diberi nama ‘Vega’. “Yamaha itu hidup dari mimpi dan varian bebek dua-duanya memang berorientasi ke langit.

Seperti Vega ini dan Jupiter. Jupiter merupakan planet terbesar dan karenanya kita mau Jupiter series kita menjadi sebuah produk yang besar pula,” kata Abidin.

Motor sport Yamaha Lain halnya dengan model di segmen lainnya, model sport menggunakan nama hewan. Sebut saja binatang seperti Scorpio yang mampu menyengat dan Byson yang mampu menyeruduk. Sementara nama V-Ixion, lahir dengan nama yang tidak berhubungan dengan binatang. Kata Abidin, awalnya V-Ixion diproyeksikan menggunakan nama Viper, namun sudah bocor ke publik. Selain itu, nama Viper sudah digunakan Dodge pada salah satu produknya. Ia menerangkan, V-Ixion diambil dari kata vision, yakni menunjukkan visi dan komitmen pabrikan di sisi teknologi.

Subscribe to this Blog via Email :

close