08 June 2016

zhoe blesinki

Wanita Lebih Rentan Cemas Dibanding Pria, Mengapa?

Hormon-hormon wanita lebih mampu memicu kecemasan.
New York- Anda yang wanita, betulkah sering merasa cemas? Jika ya, studi mengungkap wanita memang lebih dua kali lebih rentan cemas dibandingkan pria.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Brain and Behavior wanita yang berusia di bawah 35 tahun paling berisiko mengalami cemas.

Psikolog klinis Alicia Clark tak terkejut mendengar hal itu, terutama data yang mengatakan banyak wanita dewasa muda yang mengalami kecemasan. "Gangguan kecemasan kini telah banyak menimpa pada orang yang lebih muda dalam satu dekade terakhir," tutur Alicia.

Namun hingga kini tak diketahui mengapa lebih banyak wanita yang lebih sering alami kecemasan. Alicia memprediksi ada dua penyebab utama. Pertama, terkait dengan evolusi manusia, wanita yang awalnya berperan sebagai pengasuh kini telah menjadi sosok yang bekerja keras, berhati-hati, dan protektif.

Kedua, terkait struktur kandungan kimia di otak. Sistem otak perempuan cenderung lebih intuitif dan berpikir analitis sementara otak pria cenderung lebih optimal pada kemampuan motorik.

"Perbedaan kemampuan optimal pada otak pria dan wanita ini dalam menghadapi kecemasan, kemampuan memprediksi, merasakan sesuatu," tutur Alicia melansir laman Glamour, Kamis (9/6/2016).

Selain itu, hormon juga memainkan peran atas perasaan lebih cemas pada wanita. Dalam beberapa studi disebutkan ada korelasi fluktuasi hormon, sensitivitas emosional, dengan kecemasan. Hormon-hormon wanita lebih mampu memicu kecemasan.

Subscribe to this Blog via Email :

close