10 August 2008

Enceng Bin Munawwar

Bruno vs Titus

Ngomong-ngomong tentang membangun aset, ada cerita menarik yang biasanya di jadikan ilustrasi oleh para pelaku bisnis network marketing, begini ceritanya:
Di sebuah desa hidup dua orang yang bernama Bruno dan Titus. Bruno dan Titus mempunyai profesi yang sama, yaitu pemasok air bagi penduduk di kampungnya, tapi ada perbedaan cara dalam rangka mendistribusikan air tersebut ke penduduk.

Bruno adalah seorang dengan tubuh yang cukup kuat, dia mengambil air dari kaki gunung dengan 4 ember yang dipikul, dia bolak-balik dari kaki bukit yang jauhnya 1km, begitu seterusnya. Dalam sehari dia bisa 10 kali bolak-balik. Satu enber air dihargai Rp 500,-, jadi dalam sehari bruno bisa menghasilkan uang Rp 20.000,- (4x500x10) dan dalam 1 bulan bruno menerima Rp 600ribu. Bruno sangat senang dengan uang hasil jerih payahnya tersebut. Tetapi Bruno ingin menaikkan penghasilannya, bruno akhirnya menambah 1 lagi ember sehingga jadi 5 ember dan frekuensi pengambilan air ditambah menjadi 12 kali dalam sehari, penghasilan bruno di bulan kedua dalam menjalani profesinya adalah 5x500x12x30= Rp 900ribu. Bulan berganti bulan dan taun pun berganti, kondisi fisik Bruno pun mengalami penurunan dan jatuh sakit, uang tabungan hasil jerih payahnya ludes karena Bruno tidak bisa bekerja dan akhirnya mengandalkan sumbangan tetangganya untuk berobat dan biaya hidup sehari-hari.

Lain halnya dengan Titus, di bulan pertama sampai kedua Titus membangun saluran pipa yang menyalurkan air dari kaki bukit ke rumah warga. Di bulan 1 dan kedua Titus tidak mendapat penghasilan apapun, tetapi di bulan ketiga Titus memanen hasilnya ketika saluran air penghubung sudah jadi. Titus menghemat tenaga lebih banyak dan waktu juga serta penghasilan yang diterimapun jadi berlipat. Suatu ketika Titus pun jatuh sakit, tetapi dia masih bisa berobat dan mencukupi kebutuhan sehari-harinya dari pendapatan saluran air yang dibuatnya.

Dari ilustrasi diatas, cara manakah yang anda tempuh untuk menghasilkan uang????? Cara Titus atau Bruno????


Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Fikar Chan
AUTHOR
5 November 2012 at 10:27 delete

Sama seperti dalam bisnis jaringan diawal kita mencari mitra untuk dapat membangun bisnis yang besar setelah mendapatkan mitra yg kompeten maka kita dengan mudah menciptakan aset.... Salam Kenal dari Talk Fusion Indonesia

Reply
avatar

close