12 August 2011

Enceng Bin Munawwar

Setelah Kerusuhan London Apakah Media Sosial akan terancam?

Kerusuhan di London mendominasi berita utama pekan ini, terutama karena terkait dengan mobile teknologi dan media sosial. Ini dimulai dengan diskusi tentang massa yang menggunakan RIM BlackBerry Messenger untuk mengatur serangan ke Perdana Menteri David Cameron meminta perusuh dan penjarah harus dilarang dari media sosial.

BlackBerry sangat populer di kalangan remaja Inggris, menurut sebuah penelitian terbaru, terutama karena BBM, yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks gratis kepada pemilik BlackBerry lainnya. Pesan, bagaimanapun juga agak sulit untuk dilacak, dilaporkan mempermudah mereka , para perusuh untuk megorganisasi kegiatan mereka. RIM mengatakan akan bekerja sama dengan polisi Inggris berkaitan dengan permintaan yang sah untuk data, sebuah pengumuman yang mendorong hacker untuk merusak blog resmi BlackBerry.

Perdana Menteri David Cameron kemudian mengusulkan larangan media sosial bagi mereka yang ditemukan bersalah atas kerusuhan atau penjarahan. "Kami bekerja dengan polisi, intelijen dan industri untuk melihat apakah itu cara yang tepat untuk menghentikan orang-orang berkomunikasi melalui layanan situs ini ketika kita tahu bahwa mereka sedang merencanakan kekerasan, gangguan dan kejahatan, " kata Cameron dalam sebuah pidato sebelum House of Commons.

"Aliran Bebas informasi dapat digunakan untuk kebaikan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyakiti," Cameron melanjutkan. "Dan ketika orang menggunakan media sosial untuk kekerasan kita harus menghentikan mereka ."

Dia tidak menjelaskan secara detail tentang bagaimana yang mungkin bekerja atau bagaimana potensi pelanggar akan diidentifikasi, tetapi Facebook, Twitter, dan RIM dilaporkan bertemu dengan sekretaris rumah Inggris pekan depan untuk membahas itu dan masalah lainnya.

Berbicara tentang Twitter,situs micro-blogging tersebut meledak minggu ini. Satu dari setiap 170 kunjungan internet Inggris pada hari Senin menuju Twitter, homepage Twitter menerima 3,4 juta kunjungan dari Inggris saja, menurut data dari Hitwise Experian.

Subscribe to this Blog via Email :

close