08 February 2016

Kina

Barbie Berhijab Itu Bernama Hijarbie


Barbie biasanya identik dengan boneka berkulit putih kurus, tampil dengan celana denim atau pakaian modis lainnya. Kali ini, boneka tersebut berubah setelah penemuan Hijarbie. Hijarbie adalah sebutan Barbie yang mengenakan hijab.

Boneka Barbie baru tersebut telah meramaikan media sosial, terutama Instagram. Hijarbie didandani dengan mengenakan gaun panjang, hijab, dan juga abaya. Hijarbie pun terlihat modis dengan pakaian muslimah.

“Saya pikir, saya tidak melihat Barbie mengenakan jilbab sebelumnya jadi saya memutuskan untuk membuka akun instagram dan merias Barbie dengan pakaian yang saya buat,” ujar pembuat Hijarbie, Hannefa Adam (24 tahun) yang merupakan mahasiswa ilmu kedokteran seperti dilansir dari The Independent.

Haneefa, yang baru menyelesaikan Magister Farmakolgi di Inggris menggambarkan Barbie sebagai ‘boneka sederhana’ yang menyediakan model untuk anak perempuan muslim. Menurutnya, boneka adalah cara yang bagus untuk memperbaiki kesalahpahaman yang menyatakan wanita muslim dipaksa menutupi dirinya untuk mengungkapkan agamanya.

Untuk mengubah barbie menjadi Hijarbie, ia harus memesan boneka tersebut dari luar negeri. Alasannya, di Nigeria tak ada barbie yang dijual. Setelah itu, tampilan barbie pun diubah. Bahkan, ia pun berencana untuk mentransformasi barbie yang memiliki kulit hitam. Ia ingin menunjukkan keberagaman.

“Saya akan senang untuk menghias boneka hitam saya sendiri juga. Saya telah memesan beberapa dan mereka akan segera berada di sini,” katanya.

Saat ini, akun instagramnya telah memiliki lebih 21 ribu lebih pengikut. Ia juga telah menerima permintaan dari seluruh dunia untuk membeli bonekanya.

Sumber: Republika

Subscribe to this Blog via Email :

close