09 June 2016

zhoe blesinki

Kapan Saat yang Tepat Pesan Tiket Pesawat?


Mudik telah menjadi budaya yang berlangsung terus-menerus selama berabad-abad. Bahkan aktivitas ini seolah telah menjadi ritus menjelang Lebaran selain puasa itu sendiri. Data dari laman Indonesia-investments memprediksi, angka pemudik tahun ini naik menjadi 18 juta orang.

Sementara itu data Kementerian Perhubungan seperti yg dikutip dari Liputan6.com, Kamis (9/6/2016) menunjukkan, setidaknya 1 dari 4 orang pemudik tahun ini lebih memilih transportasi udara. Jumlahnya sendiri diprediksi meningkat 7,6 persen dibanding tahun lalu. Hal ini menunjukkan, minat masyarakat Indonesia yang mudik menggunakan pesawat terus mengalami peningkatan.

Traveloka, sebagai perusahaan teknologi penyedia booking-online punya trik jitu agar masyarakat bisa mendapatkan tiket pesawat untuk mudik. Berdasarkan histori pemesanan tiket mudik tahun lalu, perusahaan tersebut mencatat sebanyak 60 persen tiket pesawat dipesan sejak awal Ramadan. Sedangkan kepastian libur mudik juga menjadi hal penting bagi masyarakat saat memesan tiket, mengingat sebanyak 75 persen pemudik memesan penerbangan pergi dan pulan dalam satu nomor pemesanan.

Namun demikian, agar mudik menjadi nyaman, pemudik disarankan untuk memesan tiket pesawat sejak dini. Ferry Unardi, CEO Traveloka mengatakan, “Kami menyarankan agar masyarakat memesan tiket pesawat pada H-30 hingga H-15 Lebaran, karena harga tiket pesawat relatif lebih murah dan beragam promo masih tersedia banyak. Dengan memesan sejak dini, pemudik bisa menghemat tiket pesawat hingga 10 persen.

Data internal traveloka menunjukan, harga tiket pesawat pada periode H-7 Lebaran bisa meningkat hingga 2,7 kali lipat dari harga normal. Sementara berbagai kota yang menjadi tujuan favorit pemudik antara lain Padang, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, dan Denpasar. Uniknya meski bukan menjadi tujuan pemudik, Denpasar tetap menjadi destinasi terpopuler, mengingat Bali masih menjadi primadona masyarakat yang ingin memanfaatkan momen libur lebaran untuk berwisata bersama keluarga.

Subscribe to this Blog via Email :

close